PENGARUH CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP MINAT MEMBACA SUARA MERDEKA OLEH KOMUNITAS

Immanuel Dwi Asmoro Tunggal

Abstract


Abstrak
Industri media massa, khususnya media cetak kini semakin menghadapi tantangan yang
beragam. Tantangan tidak hanya datang dari sesama media cetak, tetapi juga dari jenis media
yang lain. Salah satunya adalah tantangan dari kehadiran media online yang telah mengubah
kebiasaan masyarakat dalam menggunakan media. Suara Merdeka sebagai surat kabar tertua
di Jawa Tengah, menjalankan strategi komunikasi dengan komunitas – komunitas yang ada di
Jawa Tengah. Suara Merdeka berusaha mendekatkan diri dengan komunitas melalui kegiatan
dengan komunitas secara berkala dan melalui akun instagram. Penelitian ini ditujukan untuk
melihat sebarapa jauh pengaruh Customer Engagement terhadap Minat Membaca. Penelitian
ini menggunakan teori Hierarchy of Effect Model. Sampel yang digunakan adalah 94 orang yang
berasal dari 19 komunitas yang berbeda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan
yang positif dan pengaruh yang signifikan antara Customer Engagement terhadap Minat
Membaca.


Kata kunci: Media Massa, Customer Engagament, Minat Membaca


Abstract
Mass media industry, especially printed media today has to face many threatens, not only from
the same type of media but also from other types such as online media. As the oldest newspaper
in Centra Java which has to face this threatens, Suara Merdeka arranged a communication
strategy. This communication strategy uses social media such as instagram and some activities
to embrace communities who live in Central Java, especially in Semarang. These tools was used
for make a customer engagement with communities. The aim of this research was purposed
to see how far the effect of customer engagement on reading interest. This research uses
Hierarchy of Effect Model. Sample of this research was 94 people who were from 19 different
communities. The result of this research that there is a positive relationship and significant
effect between customer engagement on reading interest.


Keywords: customer engagement, Reading Interest.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.2708

Article Metrics

Abstract view : 260 times
PDF - 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.