LITERASI PELAJAR SMA TENTANG INTERNASIONALISASI PERGURUAN TINGGI

Rino A Nugroho, Apneta Vionuke, Septyanto G Prakoso, Likha S Anggreni, Monika S Yuliarti

Abstract


Abstrak
Pembangunan suatu negara ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Dalam banyak
kasus, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, beberapa orang memilih untuk
mendapatkan gelar yang lebih tinggi di universitas di luar negeri. Sayangnya, sebagian besar
siswa memilih untuk tidak kembali ke negara asal mereka dan lebih memilih untuk tinggal dan
bekerja di negara tempat mereka mendapatkan negara mereka. Fenomena tertentu ini disebut
brain
drain.
Untuk
mengurangi
kemungkinan
brain
drain
terjadi,
kualitas
universitas
lokal

harus
disinkronkan
dengan
standar
internasional.
Namun,
walaupun
ada
beberapa
universitas

berstandar
internasional
di
dalam negeri,
ada
kemungkinan
bahwa
calon
siswa
/ lulusan sekolah
menengah
masih belum
tahu
tentang
pentingnya
keterpaparan
internasional
dan
kualitas

dalam
memilih
universitas
masa depan mereka.
Penelitian
ini
dilakukan
untuk
meneliti literasi

informasi
siswa
SMA tentang
internasionalisasi
tingkat
yang
lebih tinggi.
Ini
dianggap
sebagai

proyek
percontohan
untuk
menemukan
korelasi
literasi
informasi
siswa
sekolah
menengah

dan
status
universitas
tingkat
internasional.
Penelitian
ini dilakukan
dengan
melakukan
survei

terhadap
siswa
di dua sekolah
menengah
terkemuka
di Solo.
Sampel
diambil dengan
menggunakan
metode
convenience
sampling,
mengingat
sifat
penelitian untuk
menemukan
fenomena

sosial.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa
untuk
kriteria
tertentu,
siswa
sudah tahu
tentang

masalah
ini,
tetapi
untuk
beberapa
kriteria
lain mereka
masih memiliki
informasi
minimum.
Penelitian
ini
juga
dapat
menemukan
media
yang
banyak
digunakan
oleh
siswa
sebagai
sarana

untuk
meningkatkan
literasi
informasi.


Kata kunci: brain drain, internasionalisasi pendidikan tinggi, literasi informasi, media.

 

Abstract
It is a fact that the development of a country is decided by the quality of the human resources.
In a lot of cases, to increase the quality of human resources, some individuals choose to get
their higher degree in the universities overseas. Unfortunately, most of these students choose
not to go back to their home country and prefer to stay and work in the the country where they
get their country instead. This certain phenomenon is called brain drain. To reduce the possi-
bility of brain drain for happening, the quality of local university should be synchronized with
international standard. However, eventhough there are some internationally-standard universities
domestically,
there
is
a possibilities that
the potential
students/high
school graduates

still
do
not
know
about the
importance
of international
exposure
and
quality
in
choosing
their

future
university.
This
research
is
conducted
to
scrutinize
the information
literation
of
high

school
students
about higher
degree
internationalization.
This
is
considered
a pilot project
to

discover
the
correlation
of
information
literation
of high school
students
and the status
of a
international-level
university.
The
research is
done
by
conducting
survey
towards
students
in
two reputable high schools in Solo. Sample is taken by applying convenience sampling method,
considering the nature of the research to discover a social phenomenon. The result of the research
shown
that to
certain
criteria,
the
students
already know
about the issue,
but for
some
other
criteria
they
still
possess
a minimum information.
This
research
also
able
to
find the
media which mostly used by the students as the means to increase information literation.

 


Keywords: higher education internationalization, information literacy, media.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i1.2695

Article Metrics

Abstract view : 306 times
PDF - 321 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.