Analisis User Interface Game “Babybus Kids” Sub Topik Penyelamat dalam Gempa menggunakan Pendekatan The Golden Rules Of User Interface Design

Henry Bastian, Dzuha Hening Yanuarsari, Annas Marzuki Sulaiman, Mohamad Taufik

Abstract


Abstrak

Game BabyBus Kids memiliki banyak topik yang didalamnya terdapat sub topik penyelamat dalam gempa. Pengembang game ini sendiri berdiri pada tahun 2009 yang kemudian pada pada tahun 2022 akhir sudah diunduh sebanyak satu juta lebih dengan rating bintang 4,5. Salah satu hal positif yang bisa diambil dari pengembang game ini yakni memiliki visi atau tujuan dalam pengajaran pola pengasuhan, pertumbuhan sehat dan pengembangan otak anak. Hal menarik lainnya yang perlu dikaji dalam game ini salah satunya berupa tema, konsep interaktif dan visualisasi game tersebut dimana bisa memberikan pengalaman interaktif pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis user interface pada game Baby Bus dalam sub topik penyelamat dalam gempa menggunakan metode kuantitatif-kualitatif dengan didukung oleh observasi secara langsung terhadap anak. User interface pada game ini akan dianalisis menggunakan teori The Golden rules of user interface design dari Theo Mandel  yakni  menempatkan pengguna sebagai kontrol,  memudahkan pengguna untuk mengingat, dan konsisten antarmuka.  Luaran yang dihasilkan pada penelitian ini berupa model analisis yang dirumuskan sesuai dengan ketiga prinsip dasar The Golden rules of user interface yang bermanfaat sebagai rujukan pengembangan game edukasi berikutnya.

 

Kata Kunci: BabyBus Kids, Game, Media Edukasi Anak, User interface

 

Abstract

BabyBus Kids game has many topics with sub-topics of saviors in an earthquake. This game was founded in 2009. at the end of 2022 has been downloaded for more than 1 million with a 4.5-star rating. One of the positive things that can be taken from this game is that the game has a vision or goal of teaching parenting patterns, healthy growth, and children's brain development. Another interesting thing that needs to be studied in this game is the interactive concept and visualization, which can provide an interactive experience for children. This research aims to analyze the Baby Bus game user interface in rescuers in the earthquake safety savior earthquake subtopic using quantitative-qualitative methods supported by direct observation of children. The user interface in this game will be analyzed using Theo Mandel's theory of The Golden rules of user interface design, namely placing the user in control, making it easy for the user to remember, and having a consistent interface. The output produced in this study is in the form of an analytical model that is formulated under the three basic principles of The Golden rules of the user interface, which are helpful as a reference for the development of the following educational game.

 

Keywords: BabyBus Kids, Children's Educational Media, Games, User interface


Full Text:

PDF

References


Deli, D. (2021). Analisis User interface pada Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Game Visual Novel. Journal of Applied Informatics and Computing, 5(1).

Firdaus, I. (2022). Dua Pekan di Tahun 2022, BNPB Mencatat 164 Bencana Temasuk Gempa Bumi. KompasTV. https://www.kompas.tv/article/251568/dua-pekan-di-tahun-2022-bnpb-mencatat-164-bencana-temasuk-gempa-bumi

Health, D. (2011). Warna Bisa Pengaruhi Psikologis Anak. Detik Health. https://health.detik.com/ibu-dan-anak/d-1617042/warna-bisa-pengaruhi-psikologis-anak

Mandel, T. (1997). The Golden Rules of User interface Design. Designing the User interface, 1–28.

Mu’alimin, M., & Latipah. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Aplikasi Pemilihan Game Android Untuk Anak Usia Dini. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 8(1).

Pratama, L. D., Bahauddin, A., & Lestari, W. (2019). View of Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? At-Ta’lim Jurnal Pendidikan, 5(1). https://ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/64/37

Rahmasari, E. A., & Yanuarsari, D. H. (2017). Kajian Usability Dalam User Experience Pada Game ABC Kids-Tracing And Phonic Sebagai Media Edukasi Universal Untuk Anak. Jurnal Demandia, 2(1).

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1).

Vitianingsih, A. V. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1).

Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i3.7321

Article Metrics

Abstract view : 289 times
PDF - 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.