Evaluasi Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Sejarah Proklamasi Berbasis Android

Heri Susanto, Jamaludin Jamaludin, Melisa Prawitasari

Abstract


Abstrak

Kemajuan teknologi menuntut guru untuk menciptakan inovasi saat melaksanakan proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran daring yang menjadi alternatif pembelajaran selama pandemi covid-19 memberikan tantangan baru bagi guru dalam menyampaikan materi dengan baik. Salah satu mata pelajaran yang memerlukan perhatian khusus dalam menyampaikan materi dimasa pandemi adalah pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran sejarah berbasis android offline. Perancangan aplikasi ini bertujuan untuk mengemas materi sejarah proklamasi secara kronologis sehingga menjadi media pembelajaran yang mampu memberikan daya tarik terhadap peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Aplikasi pembelajaran dirancang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun tahapan dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai implementasi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan lembar validasi parktisi pembelajaran. Penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan teknologi menuntut guru untuk lebih inovatif dalam menggunakan media belajar serta pembelajaran daring yang berfokus pada kemandirian peserta didik memerlukan media yang mampu digunakan tanpa batasan waktu dan tempat khususnya pada pelajaran sejarah. Aplikasi pembelajaran yang dirancang dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian Ahli Media sebesar 3.60, Ahli Materi sebesar 3.31 dan Praktisi Pembelajaran sebesar sebesar 3.17 dengan rata-rata nilai 3,36 serta persentase sebesar 83,6%.

 

Kata Kunci: android, aplikasi, pembelajaran sejarah, proklamasi

 

Abstract

Technological advances require teachers to create innovations when carrying out the learning process. Online learning, an alternative to learning during the COVID-19 pandemic, provides new challenges for teachers in delivering material well. One subject requiring special attention in delivering material during a pandemic is history lessons. This study aims to develop an offline android-based history learning application. The design of this application aims to package the material of the proclamation history in chronological order so that it becomes a learning medium that can provide an attraction for students in learning history. The learning application is designed using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The stages in this research are limited to implementation. The data collection used is a material expert validation sheet, a media expert validation sheet, and a learning participant validation sheet. This study shows that technological developments require teachers to be more innovative in using learning media and online learning that focuses on students’ independence requires media that can be used without the time and place restrictions, especially in history lessons. The learning application design was declared very feasible based on the assessment of Media Experts of 3.60, Material Experts of 3.31, and Learning Practitioners of 3.17, with an average value of 3.36 and a percentage of 83.6%.

 

Keywords: android, application, learning media, proclamation


Full Text:

PDF

References


Ainina, A.I., 2014. Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1).

Akmal, H. and Susanto, H., 2018. Efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis mobile smartphone sebagai media pengenalan sejarah lokal masa revolusi fisik Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Historia, 6(2), pp.197–206.

Branch, R.M., 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Chusni, M.M., Zakwandi, R., Aulia, M.R., Nurfauzan, M.F., Alawiah, T.A. and Ariandini, S., 2017. Pelatihan Rancang Bangun Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Maadrasa. Tarbiyatuna, 8(2), pp.94–103.

Cresswell, J.W., 2019. Research Design, PendekatanKualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Edisi Keem ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dias, L., Enstein, J. and Manu, G.A., 2021. Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Menggunakan Aplikasi Construct 2 Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 4(April), 27–34.

Jose and Advent, 2015. Pengguna Smartphone di Indonesia Capai 55 Juta. [online] Available (Update 20 sept 205) URL: https://techno.okezone.com/read /2015/09/19/57/1217340/2015-pengguna-smartphone-di-indonesia-capai-55-juta> [Accessed 30 Jul. 2020].

Kanti Lestari, T., 2020. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2019. [online] Jakarta: Badan Pusat Statistik. (Diupdate 02 Feb 2020) URL:

Lee, J., Lin, L. and Robertson, T., 2012. The impact of media multitasking on learning. Learning, Media and Technology, 37(1), pp.94–104.

Lestari, I. and Yarmi, G., 2017. Pemanfaatan Handphone di Kalangan Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), pp.55–59.

Miftah, M., 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(2), pp.95–105.

Myori, D.E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F. and Fadli, R., 2019. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, 5(2), pp.102–109.

Nandang Hidayat, H.K., 2019. Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Pendidikan Dasar, 2(1), pp.10–15.

Prawitasari, M. and Susanto, H., 2021. Retrogresi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), pp.173–177.

Pribadi, B.A., 2017. Media & Teknologi dalam pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Ramdani, A., Jufri, A.W. and Jamaluddin, J., 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), p.433.

Rinardi, H., 2017. Proklamasi 17 Agustus 1945: Revolusi Politik Bangsa Indonesia. Jurnal Sejarah Citra Lekha, 2(2), pp.143–150.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surajiyo and Wiyanto, A., 2006. Hubungan Proklamasi dengan Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Lex Jurnalica, 3, pp.168–184.

Suryani, N., 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It. Sejarah dan Budaya, 10(2), pp.186–196.

Susanto, H. and Akmal, H., 2019. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancangannya). Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP ULM.

Williamson, B., Eynon, R. and Potter, J., 2020. Pandemic politics, pedagogies and practices: digital technologies and distance education during the coronavirus emergency. Learning, Media and Technology, 45(2), pp.107–114.




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i01.7054

Article Metrics

Abstract view : 1705 times
PDF - 1362 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.