Karet Sol Sepatu sebagai Alternatif Acuan Cetak Seni Grafis Teknik Cukil

Mohamad Taufik, Annas Marzuki Sulaiman, Henry Bastian

Abstract


Abstrak

Seni grafis teknik cukil dikenal sebagai teknik cetak yang paling populer untuk berkreasi dalam menghasilkan karya-karya seni grafis. Ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk dijadikan sebagai acuan cetak dalam teknik cetak cukil ini diantaranya potongan kayu, karet, dan logam. Akan tetapi bahan-bahan tersebut sudah terlalu umum digunakan di kalangan seniman cukil. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alternatif bahan yang baru untuk acuan cetak teknik cukil sebagai bentuk kreatifitas dalam eksplorasi bahan dan media seni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan penciptaan seni Hawkins yang terdiri dari tahap Eksplorasi, Improvisasi, dan Pembentukan. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan bahan karet sol sepatu menjadi pilihan bahan baru yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bahan-bahan yang lain diantaranya: bahan mudah didapatkan di pasaran, harganya murah, dapat menghasilkan detail gambar yang baik, dan juga mudah diaplikasikan pada media. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh para seniman grafis dan masyarakat yang tertarik pada bidang seni grafis.

 

Kata Kunci: cetak, cukil, grafis, karet, sol sepatu

 

Abstract

Printmaking is known as the most popular printing technique for being creative in producing works of graphic art. There are several materials that can be used as a printing reference in this cukil printing technique, including pieces of wood, rubber, and metal. However, these materials are too commonly used among artisans. In this study, the aim of this study was to obtain new alternative materials for the printing reference of the cukil technique as a form of creativity in the exploration of materials and art media. The method used in this study is a qualitative method with an art creation approach consisting of stages of exploration, design, and realization of the work. The results of this study are the use of rubber shoe soles as a new material choice which has several advantages over other materials including: the material is easy to obtain on the market, the price is cheap, can produce good image details, and is also easy to apply to the media. The results of this study are expected to be used by graphic artists and the public who are interested in the field of graphic arts.

 

Keywords: print, cut, graphic, rubber, shoe sole


Full Text:

PDF

References


Aditiyawan, S, Arif. (2010). Tinjauan Desain Grafis. Concept Media, Jakarta.

Adi, Sigit Purnomo. (2022). Cetak Sablon Dalam Karya Seni Grafis. Gorontalo: Ideas Publishing.

Agung, Arif. (2007). Irama Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Cahyaningrum, Lilia Puji. (2018). Batik Tulis Kontemporer di Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen. Jurnal Ornamen, 15 (1), 44-56

Dameria, Anne. (2010). Basic Printing. Jakarta: Link and Match Graphic.

Marianto, Dwi. (2011). Menempa Quanta Mengurai Seni. Yogyakarta: BP ISI

Putri, Arum Sutrisni. (2022). Seni Grafis: Pengertian dan Contoh. https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/05/060000669/seni-grafis-pengertian-dan-contoh?page=all.

Soedarsono, RM. (2001). Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Bandung: MSPI (Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia).

Suliknyo, Haris Wahyudi. (2017). Pengembangan Formula Compound Rubber Dalam Pembuatan Sol Sepatu. Jurnal Teknik Mesin (JTM), 06 (1), 1-5

Susanto, Mikke. (2002). Diksi Seni Rupa. Yogyakarta: Kanisius.

Thurmanita, Carla. (2018). Kenali Metode Berkarya: Cukil Kayu. https://www.whiteboardjournal.com/ideas/kenali-metode-berkarya-cukil-kayu/




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i02.6633

Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.