Analisis Semiotika Iklan Gojek #Gakpakelama dan Iklan Grab #Antingaret pada Layanan Transportasi Online di Indonesia

Betha Almanfaluthi, Juniar Juniar

Abstract


Abstrak

Gojek dan Grab adalah salah satu perusahaan jasa online terbesar di Indonesia. Baik Gojek maupun Grab memiliki banyak jenis jasa yang ditawarkan, akan tetapi transportasi menjadi jasa utama keduanya. Kondisi jalanan di kota-kota besar di Indonesia khususnya Jakarta yang sering mengalami kemacetan, menjadikan kendaraan roda dua menjadi alternatif berkendara yang populer. Sebagai dua perusahaan transportasi online yang memiliki layanan dan sasaran konsumen yang sama sehingga dalam membuat iklan Gojek dan Grab ada kecenderungan memiliki pesan yang sama dan tema yang mirip namun juga terlihat berbeda. Kajian ini bertujuan untuk menganalisa makna iklan kampanye #gakpakelama oleh Gojek dan #antingaret oleh Grab dengan mengurai tanda-tanda visual untuk melihatkan perbedaan antar kedua layanan transportasi online tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode analisis isi yang dikombinasikan dengan pendekatan semiotika Roland Barthes yang menganalisis perluasan makna tanda. Dari hasil analisis didapatkan bahwa pengguna transportasi online digambarkan sebagai pekerja kantoran usia muda yang butuh solusi berupa layanan transportasi online yang siap kapan pun sebagai sebuah solusi yang dapat membantu orang-orang berjuang menghadapi kehidupan pekerjaan di kota besar terkait waktu.

 

Kata Kunci: analisis isi, gojek, grab, iklan, semiotika

 

Abstract

Gojek and Grab are some of the largest online service companies in Indonesia. Both Gojek and Grab have various types of services, but transportation is the primary service. Road conditions in big cities in Indonesia, especially Jakarta, often experience traffic jams so that two-wheeled vehicles are a popular alternative to driving. As two online transportation companies have the same services and target consumers, Gojek and Grab advertisements tend to have the same message and similar themes but also look different. This study purpose to analyze the meaning of the #gakpakelama by Gojek and #antingaret by Grab campaign advertisements by parsing visual signs to show the distinctions between the two online transportation services. The research was conducted using the content analysis method combined with the semiotic approach of Roland Barthes that analyzed the expansion of the meaning of the sign. From the analysis of the results, it was found that online transportation users are described as young office workers who need solutions in the form of online transportation services that are ready at any time as a solution that can help people struggle with working life in big cities related to time.

 

Keywords: campaign, content analysis, gojek, grab, semiotic


Full Text:

PDF

References


Berger, A. A. (2018). Media and communication research methods: An introduction to qualitative and quantitative approaches. Sage Publications.

Crow, D. (2011). Visible signs: An introduction to semiotics in the visual arts (Vol. 40). ava publishing.

Grab Indonesia. (2019). Tingkatkan Produktivitas Masyarakat, GrabBike Berikan Dukungan bagi Para Pejuang #AntiNgaret di Indonesia. Retrieved August 31, 2021, from https://www.grab.com/id/en/press/tech-product/tingkatkan-produktivitas-masyarakat-grabbike-berikan-dukungan-bagi-para-pejuang-antingaret-di-indonesia/

Hood, B. H. (2014). Semiotik & dinamika sosial budaya. Komunitas Bambu, Depok.

Khamadi, K., & Senoprabowo, A. (2018). Adaptasi Permainan Tradisional Mul-Mulan ke dalam Perancangan Game Design Document. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(1), 100–118.

Khamadi, & Senoprabowo, A. (2021). Pengembangan Desain Karakter Komik Warak Ngendog Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Bahasa Rupa, 4(2), 186–195.

Muqoddas, A., & Hasyim, N. (2016). Representasi Anti Diskriminasi pada Film Kartun 3D Zootopia (Kajian Semiotika Roland Barthes). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(2), 151–166.

Rose, G. (2016). Visual methodologies: An introduction to researching with visual materials. sage.

Schemecolor.com. (2021). Dull Color Combinations » SchemeColor.com. Retrieved August 31, 2021, from https://www.schemecolor.com/color/dull-color-schemes

Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi & aspek tambahan komunikasi. Pemasaran. Terpadu, Jilid I (Edisi 5), Jakarta: Erlangga.

Subarkah, T. (2019). Gojek Luncurkan Kampanye #GakPakeLama. Retrieved August 31, 2021, from Media Indonesia website: https://mediaindonesia.com/megapolitan/265508/gojek-luncurkan-kampanye-gakpakelama

Sulistiyawati, P. (2016). Analisis Semiotika Makna Pesan pada Iklan Axis Versi “Iritologi - Menatap Masa Depan.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(1), 88–102.

Suryaningtyas, V. W., Nugroho, R. A., Cahyono, S. P., Nababan, M. R., & Santosa, R. (2019). Evaluasi Apraisal Teks dan Semiotika Visual Pada Brosur Promosi Daerah Tujuan Wisata Bilingual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(2), 187–209.




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.4275

Article Metrics

Abstract view : 1818 times
PDF - 1133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.