REDESAIN LOGO DAN MEDIA PROMOSI SEBAGAI CITRA PRODUK MAKANAN RINGAN UKM BENOK

Faza Wahmuda, Mochamad Junaidi Hidayat

Abstract


Abstrak                                                                         

Perkembangan industri di Indonesia memberikan perubahan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk bersaing memenuhi kebutuhan konsumen. Obyek penelitian ini pada UKM Benok di Desa Klampok Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo hasil budi daya jagung yang diolah menjadi makanan ringan Emping dan Tortilla Jagung. UKM Benok memiliki peluang masuk di pasar swalayan. Namun identitas UKM Benok masih belum jelas dalam penerapan visualnya. Sehingga perlu meredesain logo Benok yang memiliki kekuatan identitas citra produk jagung. Upaya redesain dan media promosi dalam meningkatkan daya beli masyarakat adalah bagian dari proses mengungkap problematika yang dihadapi oleh UKM Benok, terutama bertujuan peningkatan citra produk makanan ringan. Melalui metode penelitian Desain proses pengumpulan data yang kemudian di lakukan analisis SWOT, analisis visual dan verbal guna menghasilkan redesain logo, analisis warna dan konfigurasi yang dijadikan dasar dalam mendesain label kemasan dan media promosi sebagai citra produk. Hasil penelitian ini yaitu pengembangan kemasan menggunakan standup pouch, mampu memberikan kemudahan konsumen dan meningkatkan kualitas produk Benok. Sedangkan penguatan citra produk dengan meredesain yang meliputi logo, naming dan warna serta pendekatan fotografi dalam penguatan visual pada desain label kemasan dan desain poster sebagai penguatan merek yang mampu bersaing di pasar dan mampu meningkatkan daya saing dari Benok.

 

Kata Kunci: citra produk, kemasan, logo, media promosi, redesain

 

Abstract

The development of industry in Indonesia provides a change for Small and Medium Enterprises (SMEs) or “Usaha Kecil Menengah (UKM)” to compete with consumers. The object of this research is Benok UKM in Klampok Village, Tongas Subdistrict, Probolinggo District, the results of corn cultivation processed were snacks, Emping, and Corn Tortillas. Benok UKM has the opportunity to enter the supermarket. However, the identity of Benok UKM is still unclear in its visual application. So it is necessary to redesign the Benok logo that has the strength of the corn product image identity. Efforts to redesign and promote media in increasing people's purchasing power are part of the process of uncovering the problems faced by Benok UKM by particularly aiming at improving the image of snack products. Through research design methods the process of collecting data is then carried out a SWOT analysis, visual and verbal analysis to produce logo redesign, color analysis, and configuration that are the basis for designing packaging labels and promotional media as product images. The results of this study are the development of packaging using standup pouch, able to provide consumer convenience, and improve the quality of Benok products. While strengthening the product image by redesigning that includes logos, naming, and colors as well as a photographic approach in visual reinforcement on the packaging label design and poster design as a reinforcement of a brand that can compete in the market and can increase the competitiveness of Benok.

 

Keywords: logo, packaging, product image, promotion media, redesign

Full Text:

PDF

References


Ali, M. W., Waluyo, H. D., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Keragaman Menu, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 0(0), Article 0.

Darmawan, R. M. A., & Swasty, W. (2018). Perancangan Ulang Logo dan Media Promosi CV. Kinandang Putera sebagai Penguatan Identitas Visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(02), 157–172.

Hidayat, M. J. (2011). Tinjauan Kognisi Desain Produk Kemasan Sebagai Unsur Identitas Budaya Popuer Atas Produk Kemasan Makanan Industri Kecil Menengah (IKM). Jurnal Kawistara, 1(3), Article 3.

Ibrahim, F., Nuraeni, T., Ahmad, F., Kee, C. P., & Mustaffa, N. (2012). Bahasa Komunikasi Visual Dan Pengantaraan Produk: Satu Analisis Semiotik Bahasa Komunikasi Visual Dan Pengantaraan Produk: Satu Analisis Semiotik Bahasa Komunikasi Visual. GEMA Online® Journal of Language Studies, 12(1), Article 1.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (n.d.). Retrieved 23 March 2020, from https://www.ekon.go.id/info-sektoral/15/13/berita-ruu-ciptaker-prioritaskan-umkm-bakal-permudah-munculnya-usaha-baru-hingga-dorong-umkm-naik-kelas

OPUS - Creative Economy Outlook 2019. (n.d.). Kemenpar.Go.Id. Retrieved 13 July 2020, from https://www.kemenparekraf.go.id/post/opus-creative-economy-outlook-2019

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191–202.

Rosandi, S. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Susu Ultra (Studi pada Cafetaria Srikandi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(2), Article 2.

Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan. JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 9(2), 144–158.

Sulistya, T. A., Loka Penelitian Sapi Potong, J. P. N. 2, Anggraeny, Y. N., Loka Penelitian Sapi Potong, J. P. N. 2, Sukmasari, P. K., & Loka Penelitian Sapi Potong, J. P. N. 2. (2018). Evaluasi Nilai Ekonomi Usaha Budi Daya Tanaman Jagung sebagai Tanaman Pakan dan Pangan di Kota Probolinggo. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan Dan Veteriner; Semnas TPV 2017; 595-603.

Wahmuda, F., & Hidayat, M. J. (2018). Makna Tampilan Visual Kemasan Sebagai Penerapan Redesain Kemasan Makanan Ringan UKM Benok - Kabupaten Probolinggo. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, 0(0), 579–584.




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3307

Article Metrics

Abstract view : 2283 times
PDF - 1612 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.