Perancangan Ulang Logo dan Media Promosi CV. Kinandang Putera sebagai Penguatan Identitas Visual

Raden Muhammad Angga Darmawan, Wirania Swasty

Abstract


Abstrak

Saat ini produk mebel di Indonesia sudah diakui oleh dunia dan kegiatan industri mebel di Indonesia sendiri mendapat dukungan penuh dari pemerintah dengan mengadakan pameran dan penyuluhan bagi pelaku industri mebel di Indonesia, hal ini tentu merupakan kabar baik bagi para pelaku industri mebel. Dengan besarnya jumlah masyarakat Indonesia dan perekonomian yang terus maju tentu kebutuhan mebel akan semakin meningkat. CV. Kinandang adalah salah satu penyedia jasa pembuatan produk mebel di Jakarta, namun perusahaan ini mengalami banyak masalah dengan identitas visual dan media promosinya yang menyebabkan turunnya penjualan dan menghambat kelangsungan perusahaan. Dengan melakukan pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan melakukan analisis PEST, SWOT, dan analisis visual menggunakan matriks perbandingan yang akan menemukan titik masalah dan penyelesaiannya yang diharapkan akan membuat perusahaan semakin maju. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki sistem identitas visual dan media promosi CV. Kinandang dengan membangun identitas visual yang baik agar mudah tertanam di benak konsumen, media promosi yang akan dirancang akan disesuaikan dengan identitas visual perusahaan dari segi warna, tata letak, konsep dan jenis hurufnya yang akan diterapkan pada media cetak dan online. Hal ini dilakukan untuk membangun citra baru pada CV. Kinandang dengan harapan akan mengeluarkan perusahaan dari masalah yang sedang dihadapi.

 

Kata kunci : CV. Kinandang, identitas visual, media promosi, peningkatan penjualan.

 

Abstract

Currently, furniture products in Indonesia have been recognized by the world and furniture industry activities in Indonesia itself has the full support of the government by holding exhibitions and counseling for the furniture industry in Indonesia. This is certainly good news for the furniture industry. With the large number of people of Indonesia and the economy that continues to advance the furniture needs will increase. CV. Kinandang is one of the leading providers of furniture products in Jakarta, but the company is facing a lot of problems with its visual identity and promotional media that cause sales drops and corporate unsustainability. By conducting information collection by interviewing, observing and analyzing PEST, SWOT, and visual analysis using comparison matrix which will find the point of problem and its completion which hopefully will make the company progress more. This study aims to improve the system of visual identity and promotion media CV. Kinandang by building a good visual identity to be easily embedded in the minds of consumers, the media campaign will be designed will be tailored to the company's visual identity in terms of color, layout, concepts and fonts that will be applied to print and online media. This is done to build a new image on the CV. Kinandang in the hope of expelling the company from the problem at hand.

 

Keywords: CV. Kinandang, visual identity and promotional media, sales increase.

Full Text:

PDF

References


Adams, Sean. 2017. Color Design Workbook: new revised edition. Minneapolis: Rockport.

Haiqal, M.K. dan Hidayat, S. 2017. Penerapan Identitas Visual pada Media Promosi Website Wisata Kerajinan Rajapolah. Demandia, 2 (2): hal 182-199.

Hakim, A.A., dan Rahman, Y. 2017. Perancangan Media Promosi Perusahaan Arnis Wigati (AW). Demandia, 2 (1): hal 37-48.

Koperasi Industri Kayu dan Mebel. 2009. http://koperasimebel.com/cooperation-participants/ [Diakses pada 10 Juli 2017]

Lamb, Charles W., Hair, Joseph F., and Mcdaniel, Carl. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat.

Rustan, Surianto. 2013. Mendesain Logo: Edisi 2013. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Supardi, M.D. 2006. Metodologi Penelitian. Mataram: Yayasan Cerdas Press.

Suwardikun. D.W. 2000. Merubah Citra Melalui Perubahan Logo. Bandung: ITB Library.

Swastha, Basu dan Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Swasty, W., & Utama, J. 2017. Warna Sebagai Identitas Merek pada Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(1), 1–16.

Swasty, Wirania. 2016. Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1613

Article Metrics

Abstract view : 1082 times
PDF - 1010 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.