Perancangan Identitas Visual dan Pengaplikasian pada Media Promosi Museum Sri Baduga

Dikmas Yanfaunas Putera, Wirania Swasty

Abstract


ABSTRAK

Kota Bandung merupakan kota yang menjadi tujuan wisata, terdapat tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi di Bandung dari mulai pusat perbelanjaan, wisata alam hingga museum. Selain terkenal sebagai kota wisata, kota Bandung pun terkenal sebagai pusat kebudayaan Sunda. Untungnya di kota Bandung terdapat museum yang khusus menyimpan peninggalan kebudayaan Sunda yaitu Museum Sri Baduga sebagai tempat memplejarai kebudayaan Sunda. Namun, generasi muda sebagai generasi penerus kebudayaan kini kurang memiliki minat dalam mengunjungi museum Sri Baduga. Perancangan diperlukan guna menumbuhkan minat pemuda, dengan merancang identitas visual dan pengaplikasiannya pada media promosi museum Sri Baduga. Guna dapat merancang identitas visual dan media promosi nya, maka tentu observasi, wawancara, kuesioner, ilmu tentang ruang lingkup, nilai dan keunggulan adalah metode yang dilakukan guna mendapatkan konsep untuk hasil karyanya. Setelah mendapatkan sebuah kesimpulan dan solusi yang didapat dari metode tersebut, baru dapat diterapkan pada Logo, Brosur, Billboard, dan poster. Perancangan identitas visual dan media promosi museum Sri

Baduga ini bertujuan dalam meningkatkan minat pemuda untuk mau mengunjungi museum Sri Baduga agar pemuda sebagai generasi penerus ini, dapat mempelajari kebudayaan sunda, dengan begitu diharapkan dapat melestarikan budaya sunda.

 

Kata Kunci: identitas visual, media promosi, museum sri baduga, sunda, Perancangan.


 

ABSTRACT

Bandung is a tourist destination, there are places that tourists can visit in Bandung, from mall, natural tourism, to museum. Besides Bandung is well-known for a tourist destination, Bandung is also the center of culture of Sunda. Fortunately, there is a museum in Bandung that keeps the Sunda heritage, which is Sri Baduga Museum, as a place to study the culture of Sunda. However the adolescents as the next generation has less interes in visiting Sri Baduga Museum. Designing visual identity and promotion media is necessary in order to increase adolescents’ interest. In designing visual identity and promotion media, methods like observation, interview, questioner, value and exellency should be done. Those methods will be performed to get a concept for the outputs. After getting a conclusion and a solution from the methods, then it will be applied on Logo, Brochure, Billboard, and Poster. Designing visual identity and promotion media has a purpose in increasing adolescents’ interest to visit Sri Baduga Museum. So that, adolescents as the next generation could study the culture of Sunda, therefore they could conserve the culture of Sunda as it is expected.

 

Keyword: Design, Sri Baduga museum, promotion media, sunda, visual identity.


Full Text:

PDF

References


Amirul, Hadi & Haryono, H. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT, Rineka Cipta, Jakarta.

Djaslim, Saladin dan Oesman, Yevis Marty. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur – Unsur Pemasaran, Cetakan Kedua, Bandung : Penerbit Linda Karya.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Lamb, Hair, Mc-Daniel. 2001. Pemasaran (Edisi Pertama). Salemba Empat, Jakarta.

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Soelarko, RM. 1980. Audio Visual. Bandung: Bina Cipta.

Supardi, M.D. 2006. Metodologi Penelitian. Mataram : Yayasan Cerdas Press.

Swastha, Basu dan Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Swasty, Wirania. 2016. Branding, Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Swasty, Wirania. 2017. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia. Warna Sebagai Identitas Merek Pada Website, Vol. 3, No. 1 (2017), hal 3.

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity : An Essential Guide For The Whole Branding Team. Hoboken, New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v3i02.1497

Article Metrics

Abstract view : 3395 times
PDF - 2281 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.