POSMODERNISME DALAM IKLAN TEH “JAVANA”

Adji Nugroho, Toto Haryadi

Abstract


Abstrak

Pesatnya perkembangan periklanan Indonesia ditandai dengan banyaknya iklan di media televisi. Produk makanan dan minuman memanfaatkan iklan untuk saling bersaing dengan kompetitor. Minuman dalam kemasan menjadi populer khususnya teh yang paling banyak dikonsumsi selain air mineral. Beberapa produk teh dalam kemasan menampilkan iklan yang mengusung konsep kesegaran, aktivitas, serta kehidupan era kini. Teh “Javana” memiliki konsep iklan yang berbeda dengan iklan produk serupa. Iklan ini menampilkan perpaduan budaya tradisional dengan budaya kekinian yang dikemas dalam satu bingkai. Perbedaan konsep visualisasi dibanding dengan iklan sejenis serta penggunaan dua budaya di atas mendorong peneliti menemukan maksud di balik konsep iklan dengan menggunakan pendekatan posmodernisme, yang dibatasi pada idiom estetik: dekonstruksi, hiperrealitas, simulasi, intertekstualitas, kitsch, dan pastiche. Proses analisis dimulai dari pengamatan iklan audio visual, dilanjutkan penjabaran dengan mengambil beberapa elemen yakni gambar, teks, dan audio dalam posisi waktu yang ditentukan. Hasil analisis elemen-elemen digabungkan menjadi satu, kemudian disimpulkan. Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukannya garis besar posmodernisme dalam iklan teh “Javana” melalui idiom-idiom estetik di atas, yang menciptakan kontradiksi dan paradoks terkait budaya tradisi dan budaya kini.

Kata Kunci: budaya, iklan, teh, posmodernisme, idiom estetik


Abstract

The fast growth of Indonesian advertising is shown by a lot of ads on television medium. The food and beverage products use ad to compete against the competitors. The beverage which included in Ready To Drink (RTD) category becomes popular, especially tea as the most widely consumed besides mineral water. Some bottled tea products show the ads with concept of freshness, activity, and contemporary lifestyle. “Javana” Tea has different ad concept with the similar products. This ad shows the blend of traditional with contemporary culture, which is packaged in a frame. Teh difference of visualization concept compared with the similar ads and the use of two cultures encourage the researcher to find messages behind ad by using postmodernism approach, which is restricted to aesthetic idioms: deconstruction, hyperreality, simulation, intertextuality, kitsch, and pastiche. Analysis process is begun from observe ad then breakdown it by taking some elements of image, text, and audio in the position of specified time. The results of analysis are combined into one and then concluded. The result of this research is the presence of postmodernism outline in “Javana” Tea ad through idioms aesthetic above, which creates contradiction and paradox associated with traditional and contemporary culture.

Keywords: culture, advertisement, tea, postmodernism, aesthetical idioms


References


Agustina, D. 2015. Orang Indonesia Minum 2 Miliar Liter Teh Kemasan Setahun. Diakses dari: http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151103151544-262-89179/orang-indonesia-minum-2-miliar-liter-teh-kemasan-setahun/, pada: 09 Desember 2016, 11.20 WIB

Baudrillard, J. 1983. Simulation. Semiotext (e). New York.

Darmawan, F. 2005. Postmodernisme Kode Visual dalam Iklan Komersial. Jurnal MediaTor, Vol. 7 No. 1, h 103-114. Bandung: Universitas Islam Bandung

Durianto, D., Sugiarto, Widjaja, Wachidin,A., & Supraktino,H. 2003. Invasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hariyanto. 2004. Fenomena Parodi dalam Iklan Televisi Indonesia. Jurnal Bahasa dan Seni, Vol. 32 No. 1 h 112-126. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Hermawan, N. D. 2014. Efektivitas Iklan Televisi Tokobagus.com Versi “Mau Jual Mobil?” Pada Masyarakat Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, Vol. 2 No. 1, h 1-12. Surabaya: Universitas Negeri Petra

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/index.php

http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey result/top_brand_index_2016_fase_1

Jati, Y. W. 2016. Bright Award 2016: MNC Prediksi Belanja Iklan Tahun Ini Lebih Baik. Diakses dari: http://industri.bisnis.com/read/20160205/12/516517/bright-award-2016-mnc-prediksi-belanja-iklan-tahun-ini-lebih-baik, pada: 9 Desember 2016, 13.12 WIB

Jewler, A. dan Drewniany, B. L. 2004. Creative Strategy in Advertising. Wadsworth Publishing

KlikBekasi. 2015. Jumlah Stasiun Televisi di Indonesia Capai 394. Diakses dari: http://klikbekasi.co/2015/02/26/jumlah-stasiun-televisi-di-indonesia-capai-394/, pada: 6 Desember 2016, 09.38 WIB

Kotler, P. & Keller, K. 2007. Manajemen pemasaran (12th edition). PT. Indeks: Jakarta

Lubis, M. 2016. Pertumbuhan Belanja Iklan Menunjukkan Arah Positif. Diakses dari: http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2016/PERTUMBUHAN-BELANJA-IKLAN-MENUNJUKKAN-ARAH-POSITIF.html, pada: 13 Desember 2016, 08.34 WIB

Piliang, Y. A. 1999. Hiper-realitas Kebudayaan. Yogyakarta: LkiS

Piliang, Y. A. 1999. Sebuah Dunia yang Dilipat. Bandung: Mizan

Piliang, Y. A. 2003. Hipersemiotika, Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Pratiwi, I., dan Moeliono, N. 2014. Pengaruh Selebriti Endorser Maudy Ayunda Terhadap Minat Beli Produk Teh “Javana”. Artikel Ilmiah, diakses dari: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/104153/jurnal_eproc/pengaruh-celebrity-endorser-maudy-ayunda-terhadap-minat-beli-produk-teh-”Javana”-studi-pada-masyarakat-di-kota-bandung-.pdf, pada 13 Desember 2016, 12.02 WIB

Pujiyanto. 2001. Periklanan. Malang: Universitas Negeri Malang

Purnomo, W. 2015. Persaingan bisnis teh kemasan makin hangat. Diakses dari: http://m.kontan.co.id/news/persaingan-bisnis-teh-kemasan-makin-hangat, pada: 13 Desember 2016, 11.52 WIB

Ritzer, G. 2010. Teori Sosial Postmodern. Bantul: Juxtapose Research and Publication Study Club/Kreasi Wacana

Russel, J. T., dan Lane, R. W. 2006. Kleppner’s Advertising Procedure, 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall

Sugiharto, B. 1996. Postmodernisme: Tantangan Bagi Filsafat. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI)

Suryani, T. 2013. Perilaku Konsumen Di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sutrisno, M dan Putranto, H. 2005. Teori-Teori Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius

Zulkifli. 2014. Kritik Terhadap Perkembangan Posmodernisme dalam Senirupa Kontemporer Indonesia. Jurnal Bahas, Vol. XL No. 89, h 47-61. Medan: Universitas Negeri Medan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

indexed by:

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN : 2477 - 2852 | e-ISSN : 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.