Model Adaptasi Permainan Papan Tradisional Macanan ke dalam Perancangan Permainan Digital

Khamadi Khamadi, Abi Senoprabowo

Abstract


Abstrak

Permainan Macanan merupakan permainan papan tradisional yang diteliti penulis setelah Bas-basan Sepur (2013). Permainan Macanan memiliki nilai keunikan tersendiri baik di sisi budaya maupun nilai edukasinya. Salah satu yang menonjol selain bentuk permainannya adalah adanya pion Macan yang tidak dimiliki oleh permainan tradisional lain sejenis. Aturan permainan Macanan dirasa memiliki kedekatan dengan budaya gropyokan Macan yang pernah menjadi budaya di kerajaan Jawa. Begitu tingginya nilai budaya yang dimiliki tidak membuat permainan Macanan ini digemari oleh masyarakat khususnya anak-anak. Permainan Macanan telah tergeser oleh budaya lainnya, baik budaya modern maupun budaya tradisi lainnya. Penelitian ini kembali mengusulkan suatu rancangan model adaptasi permainan Macanan ke dalam permainan digital sebagai upaya pelestarian budaya permainan tradisional yang lebih dinamis. Model adaptasi ini menggunakan metode transformasi budaya tradisi ATUMICS untuk menganalisis elemen budaya permainan Macanan menurut teknik (technique), kegunaan (utility), materi (material), ikon (icon), konsep (concept), dan bentuknya (shape). Sesuai prinsip seleksi dalam proses adaptasi, selanjutnya elemen yang dapat dipertahankan akan dipadukan dalam sebuah struktur permainan digital yang menarik. Sebagai hasilnya adalah sebuah rancangan model permainan digital baru yang menarik dan tetap mempertahankan nilai budaya permainan Macanan di dalamnya.

 

Kata kunci: adaptasi, Macanan, permainan papan tradisional


 

 

Abstract

Macanan is a traditional board game which examined by the author after Bas-basan Sepur in 2013. Macanan game has an unique value both in the culture and education values. One thing that stands out besides the arena game shape is their pawn tiger (Macan) that does not exist in the other. The game rules of Macanan perceived closeness to the Gropyokan Macan tradition that had been in Royal Javanese culture. However, it’s high culture values did not make Macanan is loved by the people, especially the children. Macanan game now displaced by other cultures, both modern culture and other cultural traditions. This study re-propose a draft model of adaptation Macanan game into the digital game as an effort to preserve traditional culture. This adaptation model using traditional cultural transformation ATUMICS to analyze the cultural elements Macanan game according to the technique (technique), utility (utility), material (material), icons (icon), concept (concept), and form (shape). Furthermore, the elements that can be maintained will be combined in a digital game structure.The result is a new model of ditigal games that attract and still maintain the culture value of Macanan game.

 

Keywords: adaptation, Macanan, traditional board game

Full Text:

PDF PDF

References


Adams, E. (2010) Fundamentals of Game Design: Second Edition. Berkeley: New Riders.

Dharmamulya, S.; dkk. (2008). Permainan Tradisional Jawa.Yogyakarta: Kepel Press Puri Arsita A-6.

Javantiger. (2010). Serangan Budaya konservasi Harimau Jawa di Pulau Jawa. https://javantigercenter.wordpress.com/2010/07/29/serangan-budayakonservasi-harimau-jawa-di-p-jawa/. Diakses 23 juli 2016 pukul 09.00 WIB.

Khamadi, Sihombing, R. M., & Ahmad, H. A. (2013). Perancangan Konsep Adaptasi Permainan Tradisional Bas-basan Sepur dalam Permainan Digital “Amukti Palapaâ€. Jurnal Wimba Vol 5, No. 27. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Misbah, I.H. (2007). Peran Permainan Tradisional Yang Bermuatan Edukatif Dalam Menyumbang Pembentukan dan Identitas Bangsa. Bandung: IPI.

Nugraha, A. (2012). Transforming Tradition: A Method for Maintaining Tradition in a Craft and Design Context. Helsinki: Aalto University, School of Arts, Design and Architecture, Finland.

Pulsipher, L. (2012) Game Design: How to Create Video and Tabletop Games, Start to Finish. Carolina Utara: McFarland & Company, Inc., Publishers.

Purwaningsih, E. (2006). Permainan Tradisional Anak: Salah Satu Khasanah Budaya Yang Perlu Dilestarikan. Jantra History And Culture Jurnal, Vol 1[1], 40-46.Yogyakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Salen, K. & Zimmerman, E. (2004). Rules of Play: Game Design Fundamentals. USA: Massachusets Institute of Technology.

Sugiyono. (2012). “Memahami Penelitian Kualitatifâ€. Bandung: Alfa Beta.




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v2i02.1219

Article Metrics

Abstract view : 1624 times
PDF - 1026 times PDF - 353 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.