Analisis E-Commerce dengan Pembuatan Channel Youtube untuk Meningkatkan Penjualan di Bank Sampah Resik Becik

Miftahuddin Miftahuddin, Ratih Setyaningrum

Abstract


Adanya wadah bagi masyarakat dalam mengelola sampah dalam hal ini yaitu Bank Sampah Resik Becik yang berada di Krobokan Semarang. Selain dapat mengurangi tingkat pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sampah-sampah tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan produk kreasi yang dapat dipasarkan. Adanya penurunan dalam penjualan produk di Bank sampah Resik becik di karenakan adanya pandemi dan masih menggunakan system yang tradisional. Di era seperti pemilik usaha sangat di haruskan kreatif dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi. Dari perspektif komunikasi Electronic Commerce (EC) merupakan pengiriman informasi produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya. Teknologi informasi   khususnya internet sangat mempengaruhi dunia marketing. Dengan adanya hal tersebut upaya peningkatan penjualan yang ada di Bank Sampah Resik Becik dengan mempromosikan penjualan melalui media sosial dengan menggunakan channel youtube melalui materi materi yang telah kami pelajari di mata kuliah strategi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan youtube memiliki jumlah persentase tertinggi diantara intragram dan tiktok.

Keywords


Bank Sampah; Daur Ulang; E-Commerce; Promosi; Youtube

Full Text:

PDF

References


DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN KOTA SEMARANG. TPA JATIBARANG [Internet]. mapgeo.id/dkp/index.php/pembuangan/tpa. 2012. Available from: http://mapgeo.id/dkp/index.php/pembuangan/tpa

Masturi H, Hasanawi A, Hasanawi A. Jurnal Inovasi Penelitian. J Inov Penelit. 2021;1(10):1–208.

Philip K, Keller KL. Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga. 2009;

Nisak Z. Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Academia. 2013;468–76.

Baltes PL. Content marketing - the fundamental tool of digital marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Econ Sci [Internet]. 2015;2(8):111–8. Available from: http://webbut.unitbv.ro/BU2015/Series V/BILETIN I/15_Patrutiu.pdf




DOI: https://doi.org/10.33633/aiej.v5i2.5807

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Miftahuddin ., Ratih Setyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Applied Industrial Engineering Journal (AIEJ) is published by Universitas Dian Nuswantoro and is indexed in: 

   

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats