Prediksi Target Sistem Productivity Services menggunakan Penerapan Algoritma C4.5 pada PT. Sanggar Sarana Baja Jakarta

Anis Rahmawati, Syifa Nur Rakhmah, Lusa Indah Prahartiwi

Abstract


Abstract

There are many ways that each service provider company does, especially services to win the competition, among others, by increasing service productivity targets. One service provider company that is committed to increasing service productivity targets is PT. Sanggar Sarana Baja. This study aims to predict service productivity system targets using the application of Algortima C4.5 at PT. Sanggar Sarana Baja. The attributes of working time input in this study include area, performance, efficiency, and productivity. In this study, it was found that the results obtained came from several input attributes which resulted in a causal relationship in classifying the results of service productivity targets at PT. Sanggar Sarana Baja. This research is expected to help PT. Sanggar Sarana Baja in increasing customer satisfaction to retain customers and increase profits of PT. Sanggar Sarana Baja. Based on the classification results using the C4.5 Algorithm, it shows that the accuracy reaches 95.00%, which indicates that the C4.5 algorithm is suitable for measuring the target level at PT. Sanggar Sarana Baja.

 

Keywords: Accuracy, Validation, Decision Tree, Data mining, KDD, C4.5 Algorithm, Services Companies, Target Services Productivity Systems

 

 

Banyak cara yang dilakukan oleh masing - masing perusahaan penyedia jasa, khususnya servis untuk memenangkan persaingan, antara lain dengan meningkatkan target produktivitas servis. Salah satu perusahaan penyedia jasa servis yang berkomitmen dalam meningkatkan target produktivitas servis adalah PT. Sanggar Sarana Baja. Penelitian ini bertujuan untuk memperdiksi target sistem produktivitas servis menggunakan penerapan Algoritma C4.5 pada PT. Sanggar Sarana Baja. Atribut masukan waktu kerja dalam penelitian ini mencangkup daerah, kinerja, efisiensi, dan produktivitas.  Dalam penelitian ini, didapatkan bahwa hasil yang didapatkan berasal dari beberapa atribut masukan menghasilkan hubungan sebab -akibat dalam mengklasifikasikan hasil dari target produktivitas servis pada PT. Sanggar Sarana Baja. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak PT. Sanggar Sarana Baja dalam meningkatkan kepuasan konsumen untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan laba PT. Sanggar Sarana Baja tersebut. Berdasarkan hasil klasifikasi menggunakan Algoritma C4.5 menunjukkan bahwa diperoleh akurasi mencapai 95,00%, yang menunjukkan bahwa algoritma C4.5 cocok digunakan untuk mengukur tingkat target pada PT. Sanggar Sarana Baja.

 

Kata kunci: Akurasi, Validasi, Decision Tree, Data mining, KDD, Algoritma C4.5, Perusahaan Jasa, Target Sistem Productivity Services


Referensi

[1]        Yulia and N. Azwanti, “Data Mining Prediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga di Kota Batam Dengan Menggunakan Algoritma C4.5,” Semin. Nas. Ilmu Sos. dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 175–180, 2018.

[2]      R. Novita, “Teknik Data Mining?: Algoritma C 4 . 5,” pp. 1–12, 2016.



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/aiej.v5i1.4236

Article Metrics

Abstract view : 235 times
PDF - 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Applied Industrial Engineering Journal



Applied Industrial Engineering Journal (AIEJ) is published by Universitas Dian Nuswantoro and is indexed in: 

   

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats